Tahapan Dalam Proses Perancangan Kerajinan

Contents [Show]
Tahapan Dalam Proses Perancangan Kerajinan
Tahapan Dalam Proses Perancangan Kerajinan

Apa Itu Kerajinan?

Kerajinan pada umumnya adalah kegiatan yang berkaitan dengan keterampilan seseorang. Kerajinan merupakan salah satu cabang dari seni dan biasanya menuntut tingkat kreativitas yang lebih tinggi dengan keterampilan tangan daripada beberapa jenis seni lainnya. Kerajinan juga bisa disebut sebagai seni kriya.

Tahapan Dalam Proses Perancangan Kerajinan

Di awal proses perancangan kerajinan kita harus mencari, memilih sumber inspirasi dan mengembangkan ide-ide kreatif untuk produk kerajinan. Kemudian kita akan membuat sketsa sebagai konsep, menentukan studi kerajinan, hingga membuat petunjuk produksi.
  • Pencarian Ide Produk
Pengalaman dan pemahaman kita tentang berbagai pengetahuan budaya menjadi faktor-faktor yang dapat membantu memunculkan ide untuk pembuatan produk kerajinan. Ide dapat muncul secara spontan dan tidak berurutan, tetapi akan dapat begitu saja menjadi muncul secara keseluruhan. 
Kemudian dari ide itulah secara tidak langsung membuat kita berpikir tentang bahan, alat, hingga teknik apa yang tepat untuk digunakan dalam proses pembuatan kerajinan tersebut.
  • Membuat Sketsa
Sebuah ide berupa rancangan dari produk kerajinan perlu dibuat sketsa untuk memudahkan penciptaan ide-ide abstrak menjadi terlihat nyata. Kembangkan ide dan gambarlah dengan pensil ataupun bolpen yang kamu punya, tetapi hindari menghapus garis yang tidak perlu. Gambar garis tipis terlebih dahulu. Jika ada garis yang kurang tepat, sebaiknya abaikan saja, dan buat garis kedua pada lembar kertas yang sama.
  • Pilih Ide Terbaik
Setelah kita memiliki banyak ide dan telah mengilustrasikannya menjadi sebuah sketsa, kita harus memikirkan pertimbangan seperti ide mana yang paling bagus, memungkinkan dan baik untuk dibuat/dilanjutkan.
  • Membuat Studi Model
Sketsa dari langkah sebelumnya adalah berupa dua dimensi yang digambar pada bidang datar. Oleh karena itu, langkah selanjutnya dalam pengembangan ide ini adalah berupa tiga dimensi menggunakan studi model. Studi model dapat dijalankan dengan menggunakan materi yang sebenarnya ataupun bukan material yg sebenarnya.
  • Perencanaan Produksi
Tahap selanjutnya adalah membuat rencana dan menyusun langkah-langkah dalam proses produksi atau proses pembuatan kerajinan. Rencana dan instruksi pekerjaan harus dirinci dengan baik dan jelas sehingga dapat dilakukan dengan mudah dan sistematis. 


Post a Comment (0)
Previous Post Next Post