Tahapan Dalam Berwirausaha Makanan Asli Khas Daerah

Contents [Show]

Tahapan Dalam Berwirausaha Makanan Asli Khas Daerah
Tahapan Dalam Berwirausaha Makanan Asli Khas Daerah

Tahapan Dalam Berwirausaha Makanan Asli Khas Daerah

Penyedia dan penjualan produk makanan (industri makanan, katering, restoran, kafe, pedagang kaki lima, atau UKM) sekarang menjadi pilihan yang semakin menarik bagi konsumen dalam bisnis skala kecil maupun besar pada umumnya. Dalam prosesnya, hal tersebut sangat berarti dan berkontribusi besar untuk mengembangkan perekonomian negara. Seperti juga negara-negara lain melalui pengembangan tradisi budaya kulinernya yang dipertahankan sampai saat ini.

Dikutip dari buku Teori Dasar Memasak untuk Siswa, Peminat, dan Calon Profesional yang ditulis oleh Tuti Soenardi & Tim Yayasan Gizi Kuliner (2013: 11), Indonesia mempunyai warisan dan budaya makanan asli khas daerah. Dan dengan banyaknya ragam makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, untuk itu yang perlu dilakukan adalah memperkenalkan makanan dari berbagai daerah ke daerah lain. Untuk terus mengembangkan seni kuliner di Indonesia, maka sangat penting untuk memahami tahapan dalam berwirausaha makanan asli khas daerah sebagai penjaga warisan dan budaya makanan asli khas daerah dari berbagai sukuBerikut adalah tahapannya:
  • Tahap memulai
Ini adalah tahap awal bagi seseorang yang ingin berwirausaha dengan cara mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan
  • Tahap melaksanakan usaha
Pada tahap ini, wirausahawan sudah siap untuk menggerakkan usahanya dengan memulai mengelola berbagai aspek-aspek seperti pembiayaan, perlengkapan, SDM, dll
  • Tahap mempertahankan usaha
Seorang wirausahawan harus memiliki keterampilan khusus secara personal untuk melakukan analisis perkembangan usaha dari awal sampai akhir. Hal ini dilakukan untuk mempermudah mengambil keputusan dalam mempertahankan usahanya
  • Tahap mengembangkan usaha
Pemikiran kreatif dan inovatif dibutuhkan untuk mendukung seorang wirausahawan dalam mengembangkan usahanya. Dalam berwirausaha, kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen sesuai produk atau jasa yang ditawarkan, dan aspek penting lainnya.


Faktor Yang Paling Menentukan Berhasil Atau Tidaknya Usaha Makanan Asli Khas Daerah

Makanan khas daerah merupakan jenis makanan yang konsumennya sebagian besar didominasi oleh masyarakat suatu daerah itu sendiri. Umumnya, masyarakat lokal yang tinggal di suatu daerah akan membuat permintaan sesuai dengan karakteristik daerahnya.

Contohnya di sebuah daerah pegunungan yang dikarenakan oleh iklimnya yang dingin dan notabene daerah penghasil ragam bahan makanan berupa sayur-mayur, maka umumnya masyarakat pegunungan akan mengolah makanan dari sayur-mayur dengan suhu yang panas dan rasa yang terbilang pedas, dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh.

Sedangkan pada masyarakat daerah pantai, umumnya makanan akan berasal dari bahan dasar hasil laut. Namun karena mengikuti perkembangan zaman, masyarakat akan cenderung membuat ragam masakan dari campuran karakter daerah lain. Hal ini akan membuat makanan khas daerah menjadi lebih kompleks karena perpaduan dengan makanan khas daerah lain.

Jadi hal-hal tersebutlah yang dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya berwirausaha makanan khas daerah, semua tergantung pada selera masyarakatnya masing-masing juga.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post