Produk Hiasan Dalam Rumah

Contents [Show]
Produk Hiasan Dalam Rumah
Produk Hiasan Dalam Rumah

Produk Hiasan Dalam Rumah

Produk hiasan yang ditemui di dalam rumah biasanya disebut dengan hiasan "interior"Interior adalah produk yang mementingkan nilai keindahan daripada melihat nilai fungsionalnya. Contohnya : guci, frame foto, kristal, lampu hias, dan lukisan.

Tips Menyusun Interior

Dalam menyusun interior, kita harus memperhatikan dan mengikuti prinsip-prinsip dasar desain interior agar hasilnya dapat meningkatkan penampilan ruangan dan memiliki efek positif pada emosi kita. Terlebih, penataaan yang baik menjadikan  rumah terlihat lebih menarik, nyaman, dan menghidupkan suasana rumah yang menyenangkan (tidak monoton).

Prinsip-prinsip dasar dalam desain interior, yaitu meliputi:

  • Unity (Kesatuan) and Harmony (Harmoni)
Unity dan harmony memiliki arti penting mengenai suatu ruangan yang dianggap sebagai satu kesatuan, dimana masing-masing elemen interior berdiri di tempatnya dan saling menyatu memberikan keseimbangan dalam ruangan. 
  • Balance (Keseimbangan)
Sebuah keseimbangan dapat menciptakan unity dan harmony. Pada interior, keseimbangan dibagi menjadi tiga kategori berbeda, yaitu "Keseimbangan Simetris", yang terjadi ketika bobot visual elemen interior terdistribusi secara merata baik secara horizontal maupun vertikal; "Keseimbangan Asimetris", yang terjadi ketika substansi dari elemen tidak merata hanya di poros halaman (dibuat tidak beraturan) untuk memberikan keseimbangan dari segi warna, kontras, dan skala interior; dan "Keseimbangan Radial", yang terjadi ketika seluruh elemen menonjolkan susunan pada pusat halaman ruangan.
  • Vocal Point
Aksen vocal point  berupa daya tarik tertentu menjadikannya sebagai ciri utama ruang. Hal ini dapat terlihat dari perapian, jendela besar, atau lukisan yang merupakan contoh paling umum. Warna dan bentuk ruanganpun juga bisa menjadi vocal point.
  • Ritme
Ritme dalam desain interior dapat dianggap sebagai semua pola visual yang berulang. Irama didefinisikan sebagai kontinuitas atau gerakan yang terorganisir.
  • Detail
Detail meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan kelengkapan di dalam ruangan. Yang termasuk dalam unsur ini adalah furnitur utama dan furnitur tambahan sampai dengan furnitur artivisial. Detail ini juga berpengaruh sangat besar pada suasana ruang yang akan tercipta.
  • Skala dan Proporsi
Kedua unsur ini harus saling beriringan, karena berkaitan dengan ukuran dan bentuk. Skala dan proporsi di sini mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berada di dalam ruangan.
  • Warna
Warna desain interior ruangan akan memiliki dampak nyata pada suasana hati dan kenyamanan ruang. Warna-warna lembut akan menciptakan suasana yang damai, sementara warna-warna cerah akan menyemarakkan dan menyegarkan area ruangan tersebut.




Post a Comment (0)
Previous Post Next Post